sponsor

Slider

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Blog Archive

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» »Unlabelled » Pesona Gunungkidul Peninggalan Purbakala yang Eksotis


image

YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta tak henti-hentinya menyajikan keragaman budaya, wisata, hingga peninggalan sejarah yang memikat.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosari.

Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner.

Berdasarkan temuan arkeologi, kawasan Gunungkidul diperkirakan telah dihuni oleh manusia sejak 700 ribu tahun lalu. Hal ini diperkuat dengan banyaknya temuan petunjuk keberadaan manusia yang ditemukan di gua-gua dan ceruk-ceruk di perbukitan karst (kapur).

Gunungkidul memiliki puluhan pantai indah dan eksotis di pesisir selatan. Tak kurang dari 50 pantai berjajar dari ujung barat hingga ujung timur yang menjadi tujuan wisata.

Salah satunya pantai Pok Tunggal di Kacematan Tepus. Hamparan pasir putih yang membentang luas, lautan yang membiru, semilir angin laut yang menghempas tubuh seakan menjadi ucapan selamat datang di Pantai Pok Tunggal, rasa tenang dan damai larut dalam suasana yang nyaman.

image

Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul bukan hanya terletak dari pantai dan pohon Duras itu sendiri tapi juga terletak pada deretan tebing-tebing tinggi dan terlihat kokoh membentengi pantai dari dunia luar. Tebing yang berdiri tegak lurus seakan menjadi pagar yang abadi dan melindungi ekosistem di pantai ini.

Tak hanya pantai, di Guningkidul juga terdapat lokasi wisata Gunung Nglanggeran, Gunung api purba yang tersusun dari materi vulkanik tua yang menyajikan panorama indah.

Kemudian, Air Terjun Sri Gethuk merupakan yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya.

Selain itu, Wisata Situs Megalitik Sokoliman - situs prasejarah berupa menhir, fragmen menhir & kubur batu terletak di Bejiharjo, Karangmojo. Situs Gondangan-terletak di Bejiharjo, Karangmojo. Situs Desa Bleberan-Bleberan, Playen.


Gimana tertarik berkunjung ke Gunung Kidul? Simak Videonya!

[embedded content]


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply