sponsor

Slider

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Blog Archive

Recent Tube

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» »Unlabelled » Tips Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

image

JAKARTA - Datangnya bulan suci Ramadan sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk tidak beraktivitas seperti biasa meski tengah berpuasa. Berpuasa memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh dan juga menghilangkan atau membersihkan racun dalam tubuh akibat dari makan, polusi dan juga radikal bebas.

1. Perhatikan Asupan Cairan

Saat berupuasa amat sangat penting memperhatikan asupan cairan atau minum yang cukup bagi tubuh, hal ini penting agar menghindarkan tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan minum, banyak saran yang mengatakan minimal minum delapan gelas per hari agar tubuh tidak dehidrasi, namun disaat berpuasa perlu memperhatikan asupan cairan bagi tubuh sebab saat bulan Ramadan
waktu makan dan istirahat berubah.

Jelasnya disarankan minum air putih sebanyak dua gelas saat berbuka puasa, tiga gelas setelah tarawih, dan satu gelas sebelum tidur. Kemudian satu gelas saat bangun sahur, dan satu gelas setelah makan sahur, jumlah ini hanya perhitungan garis besar saja, tentunya anda sendiri yang dapat menentukan banyak atau tidaknya asupan cairan bagi tubuh anda.

2. Berbukalah dengan yang manis

Waktu berbuka puasa tentu menjadi momen yang sangat ditunggu dikala berpuasa Ramdan, namun dalam hal ini anda harus memperhatikan menu berbuka puasa terlebih habis melakukan aktivitasyang padat selama berpuasa, umunya kita disarankan berbuka dengan menu minuman dan makanan yang manis seperti buah kurma dengan teh manis hangat, hal ini penting agar mampu mengembalikan energi dalam tubuh setelah berbuka puasa. Akan tetapi diperhatikan porsi makan ya dan tidak berlebihan.

3. Konsumsi Sayuran

Sayuran sudah menjadi asupan yang amat sangat penting abgi tubuh, selain kaya vitamin, sayuran mampu membuat tubuh lebih sehat, tenunya dengan cara pengolahan atau masak yang baik agar kadar vitamin dan kandungan dalam sayur tidak terbuang percuma, mengkonsumsi sayuran pada saat makan sahur sangat baik bagi tubuh.

4. Tidur Cukup

Isitrahat malam hari atau tidur setelah melakukan aktivitas serai penuh menjadi hal yang vital guna memulihkan energi dan memberikan waktu istirahat bagi seluruh organ tubuh. Pada saat puasa sebaiknya tidak tidur terlalu larut malam agar mudah bangun pada saat makan sahur dan juga bisa kembali beraktivitas dengan segar.

5. Sikat Gigi Sebelum Tidur dan Setelah Sahur

Aktivitas membersihkan mulut dengan cara sikat gigi jangan dilewatkan, sebab saat berpuasa, cadangan lemak akan dibakar oleh tubuh sebagai energi dan digunakan untuk meningkatkan kadar keasaman darah. Adanya aktivitas tersebut membuat aroma nafas menjadi tidak enak. Dengan ini diperlukan sikat gigi sebelum tidur malam dan setelah makan sahur, bila memmungkinkan setelah berbuka puasa.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply